Metode Pengecatan Tembok Rumah Yang Bermasalah

0

Apa hal yang paling menyebalkan dari sebuah kondisi tembok yang sudah berumur, sudah pasti banyak masalah yang terjadi salah satunya masalah pengapuran pada tembok tersebut. Sehingga perlu di ketahui teknik cara mengecat tembok lama yang bermasalah agar hasilnya bisa maksimal dan masalah yang terjadi tidak terulang setelah proses pengecatan ulang.

Kondisi tersebut umum terjadi pada semua kondisi  tembok yang ada di rumah ataupun gedung – gedung baik bertingkat ataupun tidak. Karena faktor usia bangunan sangat menentukan kualitas dari kondisi tembok yang ada pada bangunan tersebut.  Tetapi tidak perlu gusar, karena kondisi tembok tersebut bisa di renovasi atau pengecatan ulang dengan mengikuti standar pengecatan yang benar. Sehingga hasilnya akan bisa maksimal sesuai denga apa yang di harapkan.

6 Hal Tanda Bahwa  Tembok Rumah kita Bermasalah

Ketika kita  tahu bahwa sebenarnya ada beberapa hal yang bisa menjadi  tanda atau acuan pada tembok rumah kita untuk mengetahui bahwa tembok rumah kita akan mengalami masalah. Dimana  permasalahan yang biasanya sering kita alami adalah terkait dengan masalah pengapuran pada tembok rumah kita.  Maka berikut ini kami akan coba jelaskan 6 hal yang bisa menjadi perhatian kita atau siapa saja  yang merasa  bahwa tembok di rumahnya sedang mengalami masalah.

  1. Hal Pertama yang perlu jadi perhatian : Coba anda lakukan sesuatu dengan menggosok tembok dengan jari tangan kita atau menggunakan kain  yang warnanya cukup gelap. Jika ternyata di  tangan atau kain tersebut  terdapat kapur atau bercak putih seperti kapur itu memberikan bukti bahwa tembok anda sedang ada masalah.
  2. Hal Kedua yang mungkin anda lakukan : Coba lakukan hal yang lebih luas, yaitu lakuakn tindakan dengan menggunakan sikat yang ujungnya kawat atau sikat yang ujungnya keras. Atau selain menggunakan sikat kawat bisa juga coba anda lakukan dengan memakai amplas kayu, caranya sama dengan  point nomor satu, sikat  tembok dengan cukup keras dan setelah itu siram dengan bantuan air. Perhatian kondisi tembok yang amda, jika tembok anda mengelupas atau ada bercak putih seperti kapur itu sudah membuktikan  bahwa memang tembok anda sedang bermasalah.
  3. Hal Ketiga yang bisa anda  terapkan : Coba melakukan pengerokan pada permukaan tembok. Jika ketika anda melakukan pengerokan kulitnya terkelupas dan terdapat kapur itu artinya memang tembok rumah anda sedang bermasalah dan baiknya segera dilakukan bersihkan dengan air bersih dan biarkan  tembok mengering baru kemudian anda lakukan pengecatan ulang secara merata.
  4. Hal Keempat menyangkut : Proses selanjutnya adalah agar anda benar-benar merasa yakin  bahwa tembok anda sudh lebih baik adalah dengan kembali mengerok permukaan tembok dengan jari atau alat  dan perhatian jumlah resido kapur yang  terkelupas  dengan tindakan anda tadi. Jika anda lakukan itu maka anda akan tahu seberapa parah kerusakan yang terjadi pada tembok rumah anda.
  5. Hal penting Kelima  : Jika hasil dari anda melakukan pengerokan tembok tadi menghasilkan jumlah kapur yang sedikit cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan pengecatan ulang saja tetapi tidak perlu menggunakan cat dasar. Ada baiknya jika kondisinya demikian, anda pilih cat dengan kualitas  cat yang bagus sehingga tembok akan terhindar dari serangan garam alkali.
  6. Hal Keenam dan terakhir  : Coba perhatian anda adalah ketika tembok mengalami pengapuran yang cukup parah. Maka satu-satunya cara yang mesti anda lakukan adalah dengan menggunakan cat dasar dan aplikasikan cat tersebut terlebih dahuu sebelum anda melanjutkannya dengan cat dengan kualitas yang lebih tinggi pada lapisan luas cat. Hal ini agar cat dasar  tadi menempel terlebih dahulu pada permukaan tembok  baru di lapisi dengan cat akhir.  Dengan cara seperti  ini maka hasilnya akan maksimal

Itulah beberapa hal yang mesti menjadi perhatian kita ketika tembok  yang ada di dalam rumah kita sudah mengalami pengapuran,  Jangan terlalu lama membiarkan kondisi seperti itu terus berlangsung. Jangan juga anda anggap hal itu sebagai sebuah  hal yang biasa. Ingat sekecil apapun yang namanya kerusakan pada  tembok akan membawa dampak tidak  baik tidak saja bagi media temboknya sendiri juga terhadap orang-orang yang ada di rumah tersebut.

5 Step Sebelum Anda Melakukan Pengecatan Ulang terhadap Tembok Rumah Anda

Jika beberapa hal yang bersifat pencegahan sudah anda ketahui, maka selanjutnya adalah menentukan step atau langkah yang mesti dilakukan pada saat sesi pengecatan akan segera di lakukan. Setidaknya terdapat 5 hal yang bisa anda pahami terlebih dahulu seperti berikut :

  1. Pada saat sebelum anda melakukan  pengecatan pada media tembok rumah anda, sekali lagi pastikan  bahwa tembok sudah dalam keadaan kering sempurna dengan kadar air sekitar 18% skala protimeter.
  2. Pastikan kembali  bahwa permukaan tembok anda dalam kondisi bersih, tidak ada bercak atau kotoran yang menempel keras pada tembok rumah anda, karena jika terjadi demikian hasil cat nya tidak akan maksimal. Jadi lebih baik di bersihkan terlebih dahulu sebelum di berikan lapisan cat
  3. Berikan cat pelapis dasar sebelum anda mengaplikasikan cat interior atau exterior. Karena  fungsi dari cat dasar ini adalah agar  finishing akhir dari cat tersebut bisa merekat kuat pada dinding tembok rumah anda baik  yang ada di dalam ( interior) ataupun di luar ( exterior )
  4. Jangan lupa  pada saat melakukan pengecatan perhatikan step by step dari prosedur yang biasanya ada dalam setiap kemasan  produk cat.  Hal itu penting demi tercapainya hasil pengecatan yang maksimal
  5. Pilih cat tembok yang berkualitas tinggi agar lebih tahan terhadap serangan garam alkali dan paparan sinar matahari.

Ikuti terus artikel yang kami share melalui media Infokonstruksi  karena kami akan selalu memberikan artikel yang berguna dan di butuhkan oleh anda dalam merawat rumah. Jangan ragu untuk terus bertanya jika memang ada hal-hal yang mungkin perlu anda tanyakan, sehingga anda bisa mendapatkan artikel yang sesuai dengan harapan anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.