5 Daftar Kontraktor Terbesar di Indonesia

0

Bicara soal sektor industri properti dan konstruksi, maka kita bicara soal keterkaitan banyak profesional bisnis di dalamnya.  Sebut saja  untuk konsultan ada konsultan arsitek, interior, lighting, M/E dan struktur.   Dalam sektor kepemilikan proyek ada pengembang atau developer,  dan yang tidak  kalah pentingnya adalah pelaksana di lapangan, dialah kontraktor.

Indonesia sebagai salah satu pemain kontruksi dunia sudah di akui kehandalannya. Tidak saja oleh pelaku konstruksi di dalam negeri tetapi juga hingga ke manca negara. Kesemua itu tidak terlepas dari kemampuan para kontraktor Indonesia yang ahli dalam bidang konstruksi. Sehingga  tidak salah jika pada akhirnya mereka menjadi salah satu profesional kontraktor yang cukup bisa diandalkan  dalam menyelesaikan sebuah proyek.

Dari sekian banyak kontraktor besar yang ada di Indonesia, kita bisa melihatnya 10 besar yang kita tahu mereka memiliki kemampuan tidak saja dalam hal kemampuan secara skill tetapi juga secara financial. Kenapa financial, karena perusahaan kontraktor jika tidak memiliki modal yang kuat sulit  untuk bisa berkembang.

  • Kontraktor PT Wijaya  Karya

Sebagai sebuah kontraktor BUMN, siapa yang tidak kenal dengan kemampuan WIKA begitu biasa disebut dalam menjalankan proyek-proyeknya.  Proyek-proyeknya cukup beragam termasuk divisi anak usahanya yang juga cukup beragam menjadikan mereka sebagai supporting utama dari semua proyek WIA  Konstruksi. Sebut saja misalnya PT WIKA Beton, PT WIKA Industri Konstruksi,  PT WIKA Bitumen, PT WIKA Gedung, PT WIKA Rekayasa Konstruksi, PT WIKA Realty dan PT WIKA Serang Panimbang.  Berkat kemampuannya dalam mengelola proyek konstruksi, hingga kini WIKA Konstruksi yang di awal perkembangan bisnisnya bernama N.V Vis en Co dan PN Widjaja Karja kini masih menjadi salah satu kontraktor terbesar di Indonesia.

  • Kontraktor WASKITA KARYA

Beragam proyek infrastruktur besar pernah di tangani oleh PT WASKITA KARYA dari mulai pembangunan bandara, pembangunan apartemen dan rumah susun, pembangunan jalan dan jembatan, pembangunan bendugan dan jalan tol hingga kondominium.  Berkat kemampuannya itulah WASKITA KARYA tahun 2020 mendapatkan penghargaan dari Asiamoney Asia’s Outstanding Companies Poll dengan kategori The Most Outstanding Company in Indonesia-Construction Sector.

  • Kontraktor ADHI KARYA

Perusahaan yang diawal pendiriannya ini adalah milik Hindia Belanda, justru pada akhirnya kini bisa menjadi kontraktor salah satu yang ternama di Indonesia. Setelah melakukan proses yang panjang inilah ADHI KARYA menjadi kontraktor BUMN. Kini setelah menjadi kontraktor salah satu terbesar di Indonesia, perkembangannya cukup bagus dan terus mengembangkan diri. Saat  ini sudah ada beberapa anak perusahaan : Adhi Persada Beton, Adhi Persada Gedung, Adhi Persada Properti.

  • Kontraktor PT Pembangunan Perumahan

Terkenal dengan inovasi produknya perusahaan kontraktor yang namanya justru pembangunan perumahan ini telah malang melintang dalam proyek-proyek besar.  Wajar jika dikatakan salah satu kontraktor terbesar dan terbaik di Indonesia, dengan proyek-proyeknya seperti : Hotel Indonesia, Bali Beach Hotel, Ambarukmo Palace Hotel, Samudera Beach Hotel dan beberapa proyek lainnya. Tidak  kalah dengan kontraktor BUMN lainnya, maka PT PP juga memiliki anak perusahaan : PT PP Properti, PT PP Infrastruktur, PT PP Energi, PT PP urban dan PT PP Presisi.

  • Kontraktor PT HUTAMA  KARYA

Bagusnya kontraktor BUMN satu ini adalah, dirinya telah  berani untuk melakukan diversifikasi bisnisnya tidak saja di dalam negeri  tetapi hingga manca negara. Kemudian keunggulan lain dari HUTAMA KARYA hingga menjadi salah satu kontraktor terbesar di Indonesia adalah mampu membangun kontruksi dengan teknologi tinggi seperti pada Jembatan Bentang Panjang di Jembatan Ampera Palembang. Selain itu Hutama Karya  juga aktif membangun bangunan seperti Gedung Tinggi, Jalan Tol, Properti dan  proyek infrastruktur lainnya. Beberapa anak usahanya seperti : PT Hutama Karya Infrastruktur, PT HK Realtindo dan PT Hakaaston.

Selain 5 besar kontraktor BUMN tadi, sejatinya ada perusahaan kontraktor lain  yang cukup besar seperti misalnya : PT. Amarta Karya, PT Brantas Abipraya, PT Leighton Contructors Indonesia, PT Nindya Karya,  serta PT Total Bangun Perkasa.  Jika anda tidak ingin ketinggalan informasi soal  bisnis di sektor konstruksi ikuti  terus artikel di Infokonstruksi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.