5 Hal yang Membuat Produk Baja menjadi Sangat Istimewa Bagi Bangunan

0

Kemampuan produk baja sebagai pendukung utama sektor industri konstruksi memang sudah tidak di ragukan lagi. Kelebihan dan keunggulan produknya bisa menjadi salah satu kunci bahwa inilah salah satu produk  yang unggul. Tidak saja unggul secara fungsi, tetapi juga unggul secara keistimewaan produknya. Itulah produk baja yang sangat menarik.

konstruksi baja lbih unggul

Menariknya produk baja sebagai konstruksi bangunan  atau banyak di gunakan sebagai kolom baja memang telah di buktikan. Tidak  saja di dalam negeri tetapi hingga ke luar negeri. Kehandalan produknya ternyata berasal dari 5 hal yang terkandung dalam produk baja tersebut sehingga sering di jadikan konstruksi bangunan dalam proses pengerjaan beberapa proyek konstruksi.

Saat ini kita tahu konstruksi baja sering di gunakan untuk hampir semua proyek konstruksi. Dari mulai proyek perumahan atau hunian seperti apartemen atau kondominium, proyek gedung bertingkat atau gedung serba guna, proyek bangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan  hingga bendungan serta beberapa  jenis bangunan lainnya.

Terdapat 5 hal yang membuat produk baja cukup baik dan memiliki kualitas terbaik jika di bandingkan dengan produk konstruksi lainnya. Dimana ke-5 hal terbaik  itu adalah :

  1. Produk Baja memiliki kekuatan yang besar sekali

Keunggulan ini memang menjadi salah satu dasar kenapa pelaku konstruksi memilih baja. Karena dibandingkan dengan material lainnya, bahwa ternyata baja memiliki kekuatan yang besar dan kuat. Dimana kekuatan yang tinggi per satuan berat inilah yang pada akhirnya membuat potensi beban matinya menjadi cukup kecil.  Sehingga dengan kekuatan itulah maka baja sering di jadikan bahan utama atau material yang bagus dalam menunjang pembangunan jembatan untuk model bentang panjang, juga pada bangunan  tinggi, hingga pembangunan yang di laksanakan pada sebuah lahan yang kondisinya tidak stabil/ labil.

  1. Produk Baja  memiliki kekuatan untuk menangani model beban tarik

Baja juga baik di gunakan dalam pekerjaan konstruksi karena produk ini memiliki kelebihan sebagai produk yang sangat bagus dalam menangani beban tarik. Sekalipun misalnya kekuatannya dibandingkan dengan produk lain  yang mungkin kita rasa lebih baik seperti besi misalnya. Tetap saja untuk  beban tarik, baja masih jauh lebih unggul secara fungsi. Itulah kenapa hingga saat  ini baja untuk kolom baja masih menjadi solusi terbaik dalam pembangunan gedung pencakar langit atau bangunan dengan struktur  bangunan bentang lebar seperti jembatan.

  1. Produk Baja  karena memiliki sifat dan karakter  yang seragam atau beragam.

Karena produk baja adalah buatan pabrik, maka sudah pasti dalam hal spesifikasi produk atau keseragaman bentuk dan fisik sudah pasti akan sama. Kenapa, karena dalam satu produksi biasanya sebuah produk itu akan memiliki kualitas yang sama. Hal  ini sangat penting untuk dalam pembuatan konstruksi sebuah bangunan yang biasanya membutuhkan ketepatan dalam hitungan. Sehingga hasil akhirnya akan bisa sama dengan hitungan yang telah di tentukan di awal.

  1. Produk Baja memiliki daya elastisitas  yang bisa di hitung / di ketahui dengan baik

Perhitungan memang menjadi salah satu  hal penting dalam industri konstruksi. Sehingga faktor ketepatan hitungan itulah yang membuat para pelaku dalam industri konstruksi banyak menggunakan baja. Karena daya elastisitas  dari baja bisa di hitung atau ketahui berdasarkan sistem perhitungan yang  biasa di gunakan. Hingga momen inersia dalam sebuah penampang baja pada akhirnya bisa di ketahui dengan pasti dari mana momen inersia pada sistem penampang beton bertulang.

  1. Produk  Baja  memiliki ketahanan fisik yang sangat lama.

Baja masuk dalam produk yang sejatinya tidak membutuhkan faktor perawatan yang rutin.Tetapi jika memang anda melakukan perawatan rutin terhadap produk baja yang telah di gunakan maka tidak salah jika inilah salah satu produk  yang bisa bertahan paling lama dari semua  jenis produk material building yang di gunakan mungkin. Karena ketahanan produk baja bisa mencapai satu abad lamanya, bisa jadi bahkan lebih lama lagi.

Dari keberadaan produk baja yang  telah di jelaskan diatas itulah pada akhirnya kita bisa menilai bahwa memang produk baja layak di jadikan solusi terbaik dalam industri konstruksi.  Karena kualitas dan kehandalannya bisa menjadi salah satu solusi terbaik dalam industri konstruksi di Indonesia dan juga dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.