3 Bandar Udara di Kawasan Asia yang Tersibuk di Dunia

0

Berbicara soal negara dan kemajuan dalam bidang konstruksi, maka satu hal yang mungkin bisa menjadi tolak ukurnya adalah keberadaan sebuah Bandar Udara. Ada beberapa hal yang mendasari kenapa sebuah Bandar udara menjadi salah satu tolak ukurnya. Pertama, ketika seseorang berkunjung kesebuah negara maka konsep bangunan yang pertama akan dia lihat adalah Bandar udaranya. Kedua Bandar udara adalah cerminan bagaimana negara yang bersangkutan dalam melakukan koordinasi dan integrasi, mengingat banyak aspek dan komponen yang terkait dalam sebuah bangunan yang bernama Bandar  Udara.

Sama halnya ketika kita berbicara soal bisnis konstruksi. Sektor ini mengandung banyak aspek yang tiap aspeknya harus  bersatu dan terjadi  sinkronisasi sehingga antara perencanaan,pelaksanaan, hingga proyek berakhir merupakan satu paket pekerjaan yang menyatu. Tidak hanya terlihat baik di konsep perencanaan, tapi dalam pelaksanaan proyek dilapangan memiliki banyak kendala. Atau sebaliknya, baik dalam proses perencanaan dan pelaksanaan proyek di lapangan, namun pada saat proyek diserahkan justru disitulah baru muncul masalah- masalah baru.

Photos of Incheon International Airport Seoul, S. Korea. Produced May 2010

Sehingga jika pada akhirnya tercipta satu proyek yang dikatakan terbaik, semua itu bukan lantaran konsep desainnya saja yang baik atau pelaksanaan konstruksinya yang memang sesuai dengan ketentuan, sehingga berjalan tepat waktu. Tapi juga setelah proyek diserahkan kepada pemiliknya, pengoperasian unit bangunan tersebut telah memberikan hasil yang maksimal. Seperti yang terjadi pada proyek Bandar Udara yang ada di dunia. Menurut release yang disampaikan oleh Business Insider, terdapat 10 Bandar Udara terbaik yang ada di dunia. Kondisi terbaik itu sendiri memang tidak saja dilihat dari satu sudut saja misalnya konsep desain arsitekturnya, namun kesemua aspek menjadi satu kata kunci sehingga mampu menampilkan 10 Bandar Udara terbaik di dunia versi Business Insider.

Sementara menyangkut konsep Bandar Udara itu sendiri, menurut John D Kasarda, professor di University of North Carolina Kenan- Fagler Business School. Beliau dalam konsepnya mengatakan bahwa masa depan Bandar Udara harus mencerminkan apa yang dinamakan Konsep Airport City. Konsep  yang disebut sebagai “aerotropolis”   sudah diperkenalkan sejak puluhan tahun lalu. Menurut John Bandar Udara itu adalah “airport leaves the city, the city follow the airport, and the airport become a city”. Kini konsep yang dahulu diusungnya telah menjadi kenyataan bahwa sebuah bandara yang dahulu dibangun jauh dari kota, lama kelamaan kegiatan kota dan bisnis mengikutinya, dan pada akhirnya bandara itu mirip sebuah kota dengan fasilitas pendukung di dalamnya.

Beberapa bandara terkemuka di dunia seperti Changi, Incheon, KLIA, Hongkong dan Beijing telah mengembangkan bandaranya dengan konsep airport city, yang menyediakan berbagai fasilitas dan layanan seperti sebuah Central Business District. Bandara sudah menjadi “national competitive tool” disamping perannya sebagai “nexus of intermodal transportation and economic engine”. Laporan tahunan dan brosur perusahaan dari bandara-bandara terkemuka sudah menampilkan kontribusi ekonomi bagi komunitasnya berupa restribusi, pajak dan lapangan kerja yang tercipta akibat keberadaan bandara tersebut. Untuk memberikan gambaran tentang seperti apa dan bagaimana sebenarnya 10 Bandar Udara yang masuk dalam katagori  terbaik dunia, maka berikut kami sampaikan paparan tentang ke-10 Bandar Udara tersebut.

Beijing Capital International Airport, Beijing China  

Bandara udara internasional Beijing terletak di Beijing China.Bandara ini dibuka pada tanggal 2 Maret 1958.Bandara ini merupakan bandara tersibuk kedua di dunia setelah Atalanta di Amerika Serikat.Bandara ini terletak di distrik Chaoyang,32 km dari pusat kota Beijing.Seperti bandara terbaik yang lain di bandara ini juga terdapat semacam kereta pengangkut yang mengangkut penumpang ke terminal yang lainnya.

Beijing Capital International Airport adalah bandara internasional utama yang melayani Beijing . Hal ini terletak 32 km ( 20 mil ) timur laut dari pusat kota Beijing.  Bandara ini dimiliki dan dioperasikan oleh Beijing Capital International Airport Company Limited, sebuah perusahaan yang dikendalikan negara. Bandara IATA Airport Kode,PEK, didasarkan pada nama mantan diromanisasi kota Peking. Beijing Capital telah dengan cepat naik dalam peringkat bandara tersibuk di dunia dalam dekade terakhir. Ini telah menjadi bandara tersibuk di Asia dalam hal lalu lintas penumpang dan jumlah pergerakan lalu lintas pada tahun 2009. Pada 2012, Beijing Capital International Airport adalah bandara tersibuk kedua di dunia dalam hal throughput penumpang belakang – Jackson Atlanta International Airport Hartsfield . Bandara terdaftar 557.167 pergerakan pesawat ( take- off dan pendaratan ), yang peringkat ke-6 di dunia pada tahun 2012. Dalam hal lalu lintas kargo, bandara Beijing juga menyaksikan pertumbuhan yang cepat . Pada 2012, menjadi 13 bandara tersibuk di dunia dengan lalu lintas kargo , mendaftarkan 1.787.027 ton .


Beijing Capital International Airport adalah hub utama untuk Air China, pembawa bendera Republik Rakyat China , yang terbang ke sekitar 120 tujuan ( tidak termasuk kargo ) dari Beijin. Hainan dan China Southern Airlines juga menggunakan bandara sebagai hub mereka. Untuk mengakomodasi volume lalu lintas tumbuh, Beijing Capital menambahkan Terminal 3 besar pada tahun 2008 pada waktunya untuk Olimpiade , terbesar kedua terminal bandara di dunia setelah Terminal 3 Bandara Internasional Dubai, dan bangunan terbesar keenam di dunia berdasarkan wilayah .

Incheon International Airport, Seoul (South Korea)

Bandara Incheon adalah bandara udara yang terletak di Seoul,Korea Selatan.Bandara ini pernah memegang bandara udara terbaik selama tiga tahun,bandara ini juga menjadi penghubung dunia ke daaerah-daerah di Asia Timur.Pada 29 Maret 2001 Bandara ini resmi dibuka untuk umum,dan meraih penghargaan terbaik  pada tahun 2006,2007,2008. Bandara dibuka untuk bisnis pada awal tahun 2001 untuk menggantikan Bandara Internasional Gimpo yang lebih tua , yang kini melayani sebagian besar tujuan domestik ditambah penerbangan antar-jemput ke bandara alternatif di China , Jepang , dan Taiwan .

Bandara Internasional Incheon, adalah bandara terbesar di Korea Selatan, bandara utama yang melayani Capital di Area Seoul National, dan salah satu yang terbesar dan tersibuk di dunia. Selama tujuh tahun berturut-turut (2005-2012), bandara ini dinilai sebagai salah satu terbaik di dunia oleh Airports Council International . Bandara ini memiliki lapangan golf, spa, kamar tidur pribadi, es skating rink, kasino, taman dalam ruangan dan Museum Budaya Korea . Otoritas bandara menyatakan bahwa rata-rata keberangkatan dan kedatangan hanya membutuhkan waktu 19 menit ( 60 menit di seluruh dunia rata-rata industri ) dan 12 menit ( 45 menit ) masing-masing, secara signifikan lebih rendah dari seluruh dunia. Kondisi ini membuatnya menjadi salah satu bandara tercepat di dunia untuk pengolahan pabean .Pusat perbelanjaan bebas bea telah dinilai yang terbaik dunia selama tiga tahun berturut-turut pada tahun 2012 oleh Business Traveler. Bandara Internasional Incheon juga mengklaim bahwa ia memiliki hanya bagasi 0,0001 % tingkat kesalahan penanganan. Terletak 48 km ( 30 mil ) barat Seoul , ibu kota dan kota terbesar di Korea Selatan , Bandara Internasional Incheon adalah hub utama untuk Korean Air, Asiana Airlines, Jeju Air, dan Polar Air Cargo . Bandara ini berfungsi sebagai hub untuk sipil transportasi udara dan kargo lalu lintas internasional di Asia Timur . Bandara Internasional Incheon juga saat ini menjadi bandara tersibuk ke delapan di Asia dalam hal penumpang , bandara tersibuk keempat di dunia berdasarkan lalu lintas kargo, dan bandara tersibuk ke delapan di dunia dalam hal penumpang internasional tahun 2010. Pada tahun 2011, 35.062.376 penumpang menggunakan bandara ini.

Tokyo Haneda International Airport, Tokyo (Japan)

Bandara udara internasional Tokyo atau yang sering disebut Bandara Haneda.Bandara ini lebih dikenal dengan nama Bandara Haneda untuk membedakan bandara yang lainnya termasuk Bandara Narita.Bandara ini hampir melayani seluruh penerbangan ke dan dari Tokyo sedangkan bandara Narita beberapa.Bandara ini terletak 14 km selatan stasiun Tokyo,bandara ini merupakan bandara tersibuk ke-5 di dunia dan ke-2 di Asia.Jika bandara Haneda dan Narita di gabung maka bandara ini bisa menjadi sistem bandara terbesar ke tiga di dunia setelah London dan New York city.

Bandar Udara Internasional Tokyo, Umumnya dikenal sebagai Haneda (Tokyo Haneda Airport ), adalah salah satu dari dua bandara utama yang melayani Greater Lokasi Tokyo, dan merupakan basis utama dari dua maskapai Jepang besar domestik, Japan Airlines ( Terminal 1 ) dan All Nippon Airways ( Terminal 2 ), serta operator murah Air Do , Skymark Airlines , Skynet Asia Airways, dan StarFlyer. Hal ini terletak di Ota , Tokyo , 14 km ( 8.7 mil ) selatan dari Stasiun Tokyo.


Haneda adalah bandara internasional utama yang melayani Tokyo sampai tahun 1978 , 1978-2010 , Haneda ditangani hampir semua penerbangan domestik ke dan dari Tokyo, sedangkan Bandara Internasional Narita menangani sebagian besar penerbangan internasional . Pada tahun 2010 , terminal internasional yang berdedikasi dibuka di Haneda dalam hubungannya dengan penyelesaian landasan pacu keempat. Hal ini memungkinkan untuk peningkatan dramatis dalam penerbangan internasional akan Haneda, yang sebelumnya hanya ” dijadwalkan charter ” penerbangan ke sejumlah kecil kota-kota besar di Asia Timur . Haneda saat ini memiliki layanan jarak jauh ke tujuan utama di seluruh dunia selama akhir malam dan pagi hari, siang hari dan akan menawarkan penerbangan jarak jauh dimulai pada tahun 2014.


Haneda dikunjungi 66.795.178 penumpang pada tahun 2012. Dengan throughput yang penumpang, itu adalah bandara tersibuk kedua di Asia dan tersibuk keempat di dunia, setelah Hartsfield – Jackson Atlanta , Beijing Capital ( Asia tersibuk ) dan London Heathrow Airport. Hal ini mampu menangani 90 juta penumpang per tahun berikutnya ekspansi di 2010. Dengan Haneda dan Narita Tokyo memiliki gabungan kota sistem bandara tersibuk ketiga di dunia, setelah London dan New York City. Pada bulan Desember 2009 , ForbesTraveller.com diakui Haneda Airport sebagai bandara paling tepat waktu di dunia selama dua tahun berturut-turut , dengan 94,3 % dari penerbangan yang berangkat pada waktu dan 88,6 % tiba tepat waktu. Di Infokonstruksi anda akan selalu mendapatkan informasi terkini menyangkut artikel yang berhubungan dengan sektor properti dan konstruksi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.