4 Proyek Unik dan Menarik Terbesar yang ada di Dunia

0

Baik buruknya suatu negara atau wilayah, salah satunya bisa dilihat dari bagaimana pemerintahan  yang ada dari negara/ wilayah tersebut memberikan perhatian yang khusus pada bidang yang satu ini. Karena dengan terciptanya dengan baik kondisi infrastruktur sebuah negara/ wilayah bisa meningkatkan kualitas rangking negara/ wilayah tersebut dalam pandangan dunia.

Contoh nyata dari apa yang dijelaskan diatas dapat kita lihat di negara kita sendiri Indonesia, seperti disampaikan dalam Global Competitiveness Index. Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir Indonesia mengalami peningkatan rangkin yang cukup signifikan. Dari urutan ke-50 pada tahun 2012-2013, meningkat menjadi urutan ke-38 pada tahun 2013-2014 dan kini memasuki tahun ke 2014-2015 kembali Indonesia menaikan peringkat kualitas infrastruturnya  menjadi urutan ke-34 dari 144 negara di dunia.

Konsekuensi apa yang bisa kita lihat dari kenyataan diatas, bahwa perbaikan infrastruktur atau membaiknya kondisi infrastruktur yang ada di Indonesia pada akhirnya memberikan dampak positif bagi keberadaan negara Indonesia dalam kaca mata dunia. Sebuah korelasi yang cukup jelas, bahwa jika kita ingin agar negera kita makin diakui keberadaanya oleh negara luar ( manca negara) maka salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur yang ada di Indonesia.

Senada dengan apa yang telah dijelaskan diatas, ternyata di dunia sendiri seperti yang direseach oleh World Finance bahwa ternyata ada 20 proyek infrastruktur yang bisa dikatakan terbaik di dunia. Dan yang lebih memberikan kebanggaan lagi bahwa ternyata dari ke-20 proyek infrastruktur tersebut Indonesia masuk dengan proyek infrastrukturnya  yang saat ini sedang menjadi perhatian kita semua khususnya pemerintah dan masyarakat Ibukota Jakarta yaitu pembangunan infrastruktur jalan yang bernama Jakarta Monorail ( Proyek Jakarta Mass Rapid Transit )

Untuk sekedar memberikan satu gambaran seperti apa ke-20 proyek infrastruktur yang dikatakan terbaik di dunia, berikut kami sajikan ke-20 proyek infrastruktur tersebut.

EMAL TAHAP II

Dubai sebagai sebuah negara yang saat ini bisa dikatakan sebagai salah satu negara di dunia yang begitu ekspansif dalam pengembangan sektor properti dan konstruksi. Jelas keberadaan industri yang mendukung kearah sana menjadi satu target pengembangan yang mesti mendapat perhatian. Kenapa, karena tanpa adanya dukungan dari industri terkait mustahil apa yang saat ini sudah begitu pesat dikembangkan oleh Dubai terhambat hanya karena kurangnya dukungan dalam penyediaan bahan bangunan yang dibutuhkan dalam proses pengembangan sebuah proyek properti dan konstruksi.

Itulah sebabnya, rencana Dubai untuk melakukan diversifikasi ekonomi pada akhirnya membuat negara ini berusaha semaksimal mungkin untuk memanfaatkan SDA ( sumber daya alam ) yang dimilikinya. Dimana salah satu investasi milik negara Arab adalah investasi dalam pengembangan bisnis di bidang smelter. Industri ini akan menjadi satu kekuatan baru bagi Dubai karena pada akhirnya wilayah ini akan menjadi sumber aluminium berkualitas  tinggi. Pentahapan proses produksinya sendiri untuk tahap ke-2 dimulai pada tahun 2011 dengan anggaran sebesar USD7biliun. Rencanya proyek ini setelah jadi akan menyediakan aluminium berkualitas  tinggi dengan kapasitas 1,3 juta metrik ton aluminium per tahun .

BIOCEANICO ACONCAGUA CORRIDOR

Besarnya potensi ekonomi yang ada disuatu negara pada akhirnya tidak akan terekpose dengan baik jika sarana dan prasarana yang ada kurang mendukung. Dimana salah satu sarana  yang cukup menjadi satu kendala dalam pengembangan ekonomi suatu negara/ wilayah adalah keberadaan sarana infrastruktur yang memadai. Seperti yang terjadi di Amerika Latin, selama beberapa dekade kurangnya infrastruktur moderen pada akhirnya menghambat pengembangan sektor bisnis di negara tersebut. Sehingga sumber daya yang ada diseluruh benua dengan kondisi medan yang kurang bersahabat pada akhirnya membawa dampak kurang menguntungkan bagi perkembangan ekonomi diwilayah tersebut. Beruntung jika pada akhirnya adalah The Bioceaanico Aconagua Koridor, sebuah perusahaan Amerika melihat kondisi itu dan mencoba mengembangkan sarana transportasi jenis angkutan kereta api.  Yang menarik dari adanya proyek ini, selain pada akhirnya dengan adanya jaringan transportasi bisa memberikan satu manfaat positif bagi pergerakan bisnis di wilayah  yang bersangkutan, lintasan dari transportasi angkutan kereta api inipun melalui terowongan dasar  yang ada di seluruh Pegunungan Andes  yang membentang dari Pantai Pasifik ke Atlantik. Sehingga dengan adanya jaringan jalur transportasi kereta api ini mengubah jaringan transportasi antar benua.

METRO HYDERABAD

Menjadi sebuah kota yang paling penting jika dilihat secara kualitas ekonominya, itulah kota Metro Hyderabad. Sebagai sebuah kota penting, memang pada akhirnya pemerintah setempat menjadi begitu penting untuk melakukan pembenahan khususnya dalam bidang infrastruktur. Tidak berlebihan memang jika pada akhirnya saat ini kota Metro Hyderabad dengan sedang dibangunnya Hyderabad Metro Rail menjadi kota yang sibuk dalam pengembangan bidang infrastruktur jalan kotanya. Nantinya proyek Hyderabad Metro Rail ini akan memiliki tiga jalur yang melayani 66 stasiun diseluruh kota. Proyek yang danannya dibiayai oleh model PPP ( Publik Private Partnership) direncanakan akan selesai pada tahun 2015. Sehingga jika proyek ini selesai, maka penduduk setempat akan memiliki jalur transportasi yang cukup nyaman dan cepat dibanding sebelumnya.

SHANGHAI MENARA

Nampaknya masa-masa kedepan dalam perkembangan sektor properti dan konstruksi, setiap negara akan berlomba untuk membuat icon tersendiri yang memberikan satu pembuktian bahwa negaranya mampu memberikan yang terbaik untuk perkembangan sektor properti dan konstruksi. Salah satu yang telah melakukan hal itu adalah negaara China. Kini dengan adanya sebuah bangunan baru yang bernama Menara Shanghai dengan ketinggian 632 meter, memiliki 121 lantai dan luas lantai gabungan mencapai 380.000 m2 menjadikan bangunan ini sebagai salah satu menara tertinggi di dunia.

Menara ini secara fantastik akan berdiri megah dengan ditopang sembilan bangunan silinder yang duduk diatas satu dengan lainnya dengan adanya fasace kaca yang menutupi dindingnya. Dengan anggaran yang digunakan mencapai USD2,2 biliun, proyek ini dikerjakan oleh perusahaan arsitek dari Amerika yaitu Gensler yang mulai dibangun dari  tahun 2008. Nantinya didalam menara ini akan terdapat ruang publik didalam sembilan bangunan yang ada dengan adanya taman-taman serta ruang cafe dan ritel serta yang paling menarik adalah terdapat pemandangan 360 derajad dari kota Shanghai. Konsep hijaunya sendiri tidak saja terlihat dari kemampuan sang arsitek dalam menempatkan taman-taman dalam ruangan yang ada tapi juga direalisasikan dalam efisiensi penggunaan bahan, dengan 25 persen lebih sedikit baja yang digunakan. Untuk pengkondisian udara dalam ruangan, sengaja dihasilkan dari turbin angin dan lapisan ganda dari kaca luar sehingga bisa mengurangi penggunaan air condisioner yang justru akan membuat biaya operasional menara ini menjadi lebih mahal. Jika anda tidak ingin ketinggalan berita bisa terus mengikuti artikel di Infokonstruksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.