Kolom Baja, Tidak sekadar Penyempurna sebuah Bangunan, Tetapi Baja adalah SOLUSI

0

Bagi para kontraktor yang sudah sering menggunakan  baja sebagai sebuah kolom baja mungkin tidak banyak komentar jika dikatakan baja adalah sebuah solusi dalam industri konstruksi. Tetapi bagi yang belum familiar, pasti masih akan  terus bertanya apakah benar baja memiliki begitu banyak kelebihan sehingga di katakan baja adalah solusi  bagi konstruksi di Indonesia khususnya.

Sejatinya sebuah produk material bangunan  tidak akan menjadi satu perbincangan yang serius ketika produk tersebut memiliki dua hal : (1) Produk tersebut adalah sebuah produk yang memang memiliki  begitu banyak kelebihan dibanding produk sejenis lainnya  atau sebaliknya (2) Produk tersebut ternyata memiliki begitu banyak kelemahan yang pada akhirnya justru merugikan para pelaku konstruksi pada saat di gunakan.

Kedua  hal  itulah yang pada akhirnya membuat sebuah produk pada akhirnya cepat menjadi pembicaraan para pelaku dalam industri konstruksi. Jika pada akhirnya pembicaraan soal bagusnya baja yang biasanya dalam sektor industri konstruksi banyak di gunakan sebagai kolom baja, atau bisa juga di pakai sebagai konstruksi bangunan dari berbagai model bangunan termasuk di dalamnya adalah infrastruktur seperti jembatan. Maka jangan heran jika memang  baja adalah solusi terbaik dalam industri konstruksi.

Ada begitu banyak kelebihan dan keunggulan yang bisa kita jelaskan satu persatu menyangkut seperti apa kondisinya sebuah produk seperti baja bisa menjadi salah satu solusi terbaik dalam industri konstruksi baja di  Indonesia,  bahkan mungkin di dunia.  Kesemua ini pada akhirnya jelas menjadi sebuah pertanda bahwa memang baja adalah solusi.

  1. Produk Baja  jelas memiliki kekuatan yang besar sekali

Keunggulan ini memang menjadi salah satu dasar kenapa pelaku konstruksi memilih baja. Karena dibandingkan dengan material lainnya, bahwa ternyata baja memiliki kekuatan yang besar dan kuat. Dimana kekuatan yang tinggi per satuan berat inilah yang pada akhirnya membuat potensi beban matinya menjadi cukup kecil.  Sehingga dengan kekuatan itulah maka baja sering di jadikan bahan utama atau material yang bagus dalam menunjang pembangunan jembatan untuk model bentang panjang, juga pada bangunan  tinggi, hingga pembangunan yang di laksanakan pada sebuah lahan yang kondisinya tidak stabil/ labil.

  1. Produk Baja jelas memiliki kekuatan untuk menangani model beban tarik

Baja juga baik di gunakan dalam pekerjaan konstruksi karena produk ini memiliki kelebihan sebagai produk yang sangat bagus dalam menangani beban tarik. Sekalipun misalnya kekuatannya dibandingkan dengan produk lain  yang mungkin kita rasa lebih baik seperti besi misalnya. Tetap saja untuk  beban tarik, baja masih jauh lebih unggul secara fungsi. Itulah kenapa hingga saat  ini baja untuk kolom baja masih menjadi solusi terbaik dalam pembangunan gedung pencakar langit atau bangunan dengan struktur  bangunan bentang lebar seperti jembatan.

  1. Produk Baja jelas memiliki sifat dan karakter  yang seragam atau beragam.

Karena produk baja adalah buatan pabrik, maka sudah pasti dalam hal spesifikasi produk atau keseragaman bentuk dan fisik sudah pasti akan sama. Kenapa, karena dalam satu produksi biasanya sebuah produk itu akan memiliki kualitas yang sama. Hal  ini sangat penting untuk dalam pembuatan konstruksi sebuah bangunan yang biasanya membutuhkan ketepatan dalam hitungan. Sehingga hasil akhirnya akan bisa sama dengan hitungan yang telah di tentukan di awal.

  1. Produk Baja jelas memiliki daya elastisitas  yang bisa di hitung / di ketahui dengan baik

Perhitungan memang menjadi salah satu  hal penting dalam industri konstruksi. Sehingga faktor ketepatan hitungan itulah yang membuat para pelaku dalam industri konstruksi banyak menggunakan baja. Karena daya elastisitas  dari baja bisa di hitung atau ketahui berdasarkan sistem perhitungan yang  biasa di gunakan. Hingga momen inersia dalam sebuah penampang baja pada akhirnya bisa di ketahui dengan pasti dari mana momen inersia pada sistem penampang beton bertulang.

  1. Produk  Baja  jelas memiliki ketahanan fisik yang sangat lama.

Baja masuk dalam produk yang sejatinya tidak membutuhkan faktor perawatan yang rutin.Tetapi jika memang anda melakukan perawatan rutin terhadap produk baja yang telah di gunakan maka tidak salah jika inilah salah satu produk  yang bisa bertahan paling lama dari semua  jenis produk material building yang di gunakan mungkin. Karena ketahanan produk baja bisa mencapai satu abad lamanya, bisa jadi bahkan lebih lama lagi.

Sebenarnya disamping beberapa keunggulan yang telah di jelaskan diatas. Kita masih bisa melihat beberapa keunggulan lain  yang di miliki oleh produk seperti baja sebagai sebuah produk penunjang industri kontruksi.   Diantara beberapa kelebihan lainnya bagi produk seperti baja adalah seperti :  Selain sebagai konstruksi utama, baja  bisa juga di pakai sebagai konstruksi  tambahan, produk baja dalam proses pekerjaan bisa di jadikan satu atau di gabungkan menjadi satu kesatuan penggunannya, produk baja juga mudah  untuk di bentuk sesuai dengan kebutuhan dilapangan, hingga keunggulan lain dari baja adalah produk baja bisa di gunakan berulang kali. Artinya produk ini memang bersifat kontinuitas dan  bisa selalu digunakan.

Nah  bagi anda   yang ingin  tahu lebih jauh tentang informasi soal produk baja dengan segala  kelebihannya ketika di gunakan dalam industri konstruksi, jangan lupa untuk selalu mengikuti Infokonstruksi. Karena kami akan memberikan artikel yang berguna untuk anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.