Strategi Merencanakan Pembangunan Rumah Dengan Baik dan Benar

0

Proses konstruksi adalah proses dalam sistem kerja di industri properti yang cukup memakan waktu. Bukan karena rumit, tetapi karena memang prosesnya membutuhkan waktu yang cukup panjang terkait proses yang harus di lalui sehingga jika salah dalam perhitungan sudah pasti hasilnya akan rugi. Tetapi jangan salah, dengan perhitungan  yang baik maka hasilnya akan maksimal

5 Produk  yang perlu mendapat perhatian dalam proses  kerja konstruksi

Terkait dengan perlunya persiapan segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan di sektor konstruksi. Maka ada baiknya kita juga tahu cara cerdas dalam merencanakan pembelian beberapa  produk yang penting untuk pembangunan sebuah proyek perumahan. Sehingga yang  harus di persiapkan sebelum membangun rumah adalah membeli beberapa  produk seperti :

Proses Membeli Produk Semen

S

Semen merupakan jenis bahan bangunan yang digunakan untuk membuat pondasi. Untuk mengenali semen berkualitas maka Anda bisa tekan kemasan semen tersebut. Apabila semen yang ditekan dari luar kemasa terasa sangat keras maka berarti semen tersebut sudah sangat lama disimpan dan memiliki kualitas yang kurang baik.

Proses Membeli Produk Pasir

Memilih pasir sangat penting untuk diperhatikan karena jika pasir masaih memiliki kandungan lumpur maka akan berdampak buruk pada pemborosan penggunaan bahan bangunan yang lainnya, yakni semen ketika sedang melakukan pengecoran beton.

Proses Membeli Produk Bata Merah

Apabila dibandingkan dengan batako, bata merah memang mempunyai struktus yang jauh lebih kuat dan kokoh. Kelebihan yang dimiliki oleh bata merah adalah sifatnya yang mampu menyerap panas dengan baik sehingga rumah Anda akan terasa sangat sejuk.

Batu bata merah dengan kualitas terbaik adalah mempunyai tekstur yang keras, berukuran sedang, tidak gampang retak ataupun pecah. Anda bisa mengetesnya dengan mudah, yaitu mengetuk permukaan batu. Apabila Anda mendengar suara yang nyaring, maka bisa dipastikan baha bata tersebut mempunyai kualitas yang bagus.

Proses Membeli Produk Kayu

Kayu merupakan salah satu bahan bangunan yang penting untuk membangun rumah. Dalam memilih kayu terbaik, lebih baik Anda menggunakan kayu yang dioves dan mempunyai kadar air sekitar 20%.

Proses Membeli Produk Genting

Apabila Anda ingin membeli genting yang memiliki kualitas terbaik maka memilih genting keramik merupakan salah satu pilihan yang tepat. Hal ini karena ketahanannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Ketahanan tersebut didapatkan melalui proses pembakaran dalam suhu yang cukup tinggi.

Rumus Cepat Bagaimana menghitung kebutuhan material bangunan rumah

Salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk mempercepat perhitungan kebutuhan material bangunan rumah adalah dengan cara seperti di bawah ini :

 

Rumus Kebutuhan Bahan Bangunan

Pada umumnya, perhitungan bahan bangunan yang diperlukan untuk dapat melakukan sebuah pekerjaan bisa Anda hitung dengan menggunakan rumus:

KMB = VP X KMS

Keterangan

  • KMB adalah Kebutuhan Material Bangunan
  • VP adalah Volume Pekerjaan
  • KMS adalah Kebutuhan Material Persatuan

Contoh Menghitung Bahan Bangunan

Apabila Anda ingin memasang dinding batu bata yang memiliki lebar 6 m dengan ketinggian 3 m, berapakah jumlah batu bata berukuran 5 cm x 10 cm x 20 cm yang diperlukan?

  • Volume pasangan dinding batu bata adalah 6 m x 3 m = 18 m2.
  • Dari data analisa harga satuan maka bisa kita lihat bahwa kebutuhan batu bata per meter persegi, yaitu 70 bh.
  • Kemudian dikalikan 18 m2 x 70 bh = 1.260 bh batu bata.

Jadi, dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut maka dibutuhkan batu bata berukuran 5 cm x 10 cm x 20 cm sebanyak 1.260 bh. Sedangkan untuk perhitungan kebutuhan semen, pasir pada pekerjaan dinding bata tersebut bisa Anda hitung dengan menggunakan cara seperti diatas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.