2 Proyek Energi Baru terbarukan yang ada di Dunia

0

Baik buruknya suatu negara atau wilayah, salah satunya bisa dilihat dari bagaimana pemerintahan  yang ada dari negara/ wilayah tersebut memberikan perhatian yang khusus pada bidang yang satu ini. Karena dengan terciptanya dengan baik kondisi infrastruktur sebuah negara/ wilayah bisa meningkatkan kualitas rangking negara/ wilayah tersebut dalam pandangan dunia.

Contoh nyata dari apa yang dijelaskan diatas dapat kita lihat di negara kita sendiri Indonesia, seperti disampaikan dalam Global Competitiveness Index. Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir Indonesia mengalami peningkatan rangkin yang cukup signifikan. Dari urutan ke-50 pada tahun 2012-2013, meningkat menjadi urutan ke-38 pada tahun 2013-2014 dan kini memasuki tahun ke 2014-2015 kembali Indonesia menaikan peringkat kualitas infrastruturnya  menjadi urutan ke-34 dari 144 negara di dunia.

Konsekuensi apa yang bisa kita lihat dari kenyataan diatas, bahwa perbaikan infrastruktur atau membaiknya kondisi infrastruktur yang ada di Indonesia pada akhirnya memberikan dampak positif bagi keberadaan negara Indonesia dalam kaca mata dunia. Sebuah korelasi yang cukup jelas, bahwa jika kita ingin agar negera kita makin diakui keberadaanya oleh negara luar ( manca negara) maka salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur yang ada di Indonesia.

Senada dengan apa yang telah dijelaskan diatas, ternyata di dunia sendiri seperti yang direseach oleh World Finance bahwa ternyata ada 20 proyek infrastruktur yang bisa dikatakan terbaik di dunia. Dan yang lebih memberikan kebanggaan lagi bahwa ternyata dari ke-20 proyek infrastruktur tersebut Indonesia masuk dengan proyek infrastrukturnya  yang saat ini sedang menjadi perhatian kita semua khususnya pemerintah dan masyarakat Ibukota Jakarta yaitu pembangunan infrastruktur jalan yang bernama Jakarta Monorail ( Proyek Jakarta Mass Rapid Transit )

Untuk sekedar memberikan satu gambaran seperti apa ke-20 proyek infrastruktur yang dikatakan terbaik di dunia, berikut kami sajikan ke-20 proyek infrastruktur tersebut.

  1. LONDON ARRAY ( ENERGI BARU )

Sumber energi baru terbarukan memang pada akhirnya kedepan akan menjadi salah satu andalah bagi setiap negara dalam upayanya menciptakan sumber energi baru dengan biaya yang relatif lebih  mudah dan murah. Seperti yang juga di kembangkan di negara Inggris tepatnya berada di wilayah London. Kondisi kebutuhan masyarakat akan sumber energi serta melihat adanya keterbatasan sumber-sumber energi yang bersifat tidak dapat diperbaharui pada akhirnya memang ditahun-tahun  terakhir  ini menjadi satu kondisi yang cukup mendapat perhatian dari pemerintah Inggris. Dimana salah satu upaya Pemerintah Inggris untuk mengatasi masalah ini adalah melalui pemanfaatan angin yang cukup besar tersedia dilokasi pantai yang ada di London. Proyek infrastruktur yang bernama ARRAY  LONDON dengan lokasi di Thames Estuary pada akhirnya menjadi salah satu industri pengelolaan sumber energi baru terbarukan yang berasal dari energi angin terbesar di dunia. Konstruksinya sendiri dimulai pada  tahun 2009 dan energinya sudah mulai digunakan pada tahun lalu. Proyek ini adalah sebuah proyek infrastruktur hasil kolaborasi antara perusahaan energi DONG Energy, E.ON UK Renewable  dan MASDAR yang dibangun oleh Siemens Wind Power. Saat ini LONDON ARRAY  yang dikembangkan dengan anggaran sekitar  1,8bn pounsterling  dan diharapkan mampu mengurangi emisi CO2 di Inggris sekitar 900.000 ton per tahun telah menghasilkan 630MW energi setelah selesainya fase satu.

  • CIDADE INTELIGENTE BUZIOS ( ENERGI BARU )

Sebagai sebuah negara adidaya dan menjadi salah negara yang menjadi acuan dunia, tidak berlebihan memang jika pada akhirnya Amerika Serikat selalu berusaha menjadi yang terdepan dalam perkembangan teknologi dunia. Seperti yang saat ini sedang di kembangkan di Amerika Latin. Adalah Cidade Inteligente Buzios, sebuah kota pintar pertama yang akan dibangun di Amerika Latin. Proyek ini terlaksana berkat adanya kerjasama partnership antara perusahaan listrik Spanyol Endesa dan negara bagian Rio de Janeiro.

Proyek ini akan memiliki smart grid dan akan didorong oleh dengan adanya sumber energi terbarukan. Dimana nantinya dalam areal tersebut akan hadir mobil-mobil listrik, sedang untuk penerangan jalan menggunakan jenis lampu LED. Ada sekitar 150 lampu LED di Buzios serta sebuah konsep penerangan baru yang dihasilkan penerangannya berasal dari angin dan microgenerators surya.

Secara kualitas, lampu-lampu yang dihasilkan dari model ini akan memiliki rentang waktu hidup yang jauh lebih besar  dari pada sodium ( lampu yang ada saat ini) atau lampu bertenaga merkuri. Pada akhirnya memang dengan adanya perubahan secara umum konsep infrastruktur yang ada di Kota Buzios  ini akan membantu mendorong 10.000  penduduk yang ada untuk di daerah tersebut untuk secara bertanggungjawab dalam aktivitas mengurangi emisi CO2. Rencananya proyek ini akan menghabiskan anggaran sekitar 15miliar pounsterling dengan masa pembangunan selama  3 tahun. Jangan sampai ketinggalan informasi konstruksi, baca selanjutnya di Infokonstruksi,

Leave A Reply

Your email address will not be published.